Nike | Haram Guna Jenama & Logo Yang Melambangkan Kesesatan

Posted by godonker on Wednesday, December 7, 2011

Dalam mitos bangsa Yunani, arti kata NIKE adalah kejayaan dan kemenangan. Nama ini juga adalah nama seorang dewi yang dikaitkan dengan kemenangan dan kejayaan. Bagi Bangsa Romawi, Dewi Nike adalah sama dengan Dewi Victoria dalam cerita dongeng, Dewi Nike diceritakan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zelus.

Dewi Nike dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan. Dan Dewi Nike ini diceritakan merupakan sahabat kepada dewi Athena (dewi kebijaksanaan).Dewi Nike sering digambarkan bersayap baik dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya. Sesuai dengan arti katanya, Dewi Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam pertandingan.Figur dewi ini juga digunakan dalam koin dan bahkan digunakan dalam piala dunia FIFA yang pertama (lebih dikenali dengan sebutan Piala Jules Rimet).Figur Dewi Nike ini banyak digunakan dimana-mana.

Lalu semenjak tahun 1928, dewi nike digunakan dalam medali Olimpik musim panas dalam posisi memegang daun palm ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.Mungkin karena kejayaan dewi ini dan arti kata Nike yang berarti kejayaan,maka satu syarikat sukan pun memutuskan untuk mengambil namanya dan terbentuk lah sebuah perusahaan dengan mana Nike Inc. yang sangat terkenal sampai sekarang.

Sumber asal usul
Sumber video

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment